Sabtu, 16 Juli 2011

Membangun Olahraga Indonesia

Akhir-akhir ini perkembangan olahraga Indonesia mengalami kemunduran. Bisa dilihat dari hasil Sea Games ke-25 kemarin, walaupun Indonesia berhasil meraih target peringkat ke-3 tidak bisa dipungkuri kalau sebenarnya kita sudah tertinggal jauh dari negara-negara tetangga kita seperti Vietnam, Malaysia, Singapura, atau bahkan Thailand. Dari perolehan medali saja kita tertinggal walaupun berada di peringkat ke-3, perolehan medali emas kita tertinggal jauh dari peringkat 1 dan peringkat 2. Dan yang terakhir dari bidang sepakbola penyisihan Piala Asia Indonesia dipastikan tidak lolos dari fase grup karena malam kemarin dikalahkan Oman di “rumah” kita sendiri dengan skor 1-2. Bukan itu saja, Indonesia juga dianggap tidak pantas menang karena tampil buruk dan masih dengan “ciri khas” permainan kerasnya.
Ini sungguh merupakan ironi bagi bangsa sebesar Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas, dan penduduk yang lebih dari 200 juta orang serta seluruh keragaman suku yang dimilikinya.
Apa Solusi yang Mungkin?
  1. Pemerintah diharapkan untuk lebih peduli terhadap pekembangan olahraga di Indonesia, jangan dianggap olahraga hanyalah kegiatan untuk mengisi waktu luang. Coba lihat negara-negara maju dan berkembang lain, mereka menaruh olahraga juga sebagai sumber pendapatan dan untuk mendapatkan pengakuan dari negara lain sehingga mereka menempatkan olahraga sebagai salah satu hal yang dapat mengangkat nama bangsa dan itu tentunya sangatlah penting. Intinya dibutuhkan keseriusan yang lebih dari pemerintah dalam perkembangan olahraga di Indonesia.
  2. Kita tahu sendiri bahwa Indonesia memiliki penduduk lebih dari 200 juta orang. Coba bandingkan dengan negara-negara eropa atau negara asia lain, tentunya penduduk mereka jauh lebih sedikit daripada penduduk di Indonesia. Tapi mengapa di bidang olahraga mereka lebih baik?karena mereka mampu mencari bibit-bibit yang benar-benar unggul yang nantinya akan ditempa dan dilatih dengan serius untuk menjadi olahragawan yang profesional dan hebat. Nah, dengan penduduk yang lebih banyak seharusnya kita memiliki kemungkinan untuk memiliki bibit-bibit unggul yang lebih banyak dari yang mereka punya. Tidak sampai situ saja, setelah dipilih selayaknya pemerintah memberikan jaminan untuk masa depan karier dan kecukupan kehidupan. Sehingga kita akan memetik hasil buah manis di akhir, dengan bangkitnya “garuda-garuda” muda yang kelak mampu mengangkat nama bangsa Indonesia
 Untuk Selengkapnya Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar